Gpd8TfAlBUYoTfM6TUAlTUAlTA==

Kodim 1615 Lotim Tanam Ribuan pohon Mangrove

LOMBOK TIMUR– Personel TNI dari Kodim 1615/Lombok Timur hari ini kembali menanam ribuan pohon mangrove di kawasan pesisir pantai Dusun Kokok Pedek Timur Desa Sugian Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur. Ribuan pohon mangrove yang ditanam dalam rangka percepatan rehabilitasi pohon mangrove untuk memperluas areal hijau di kawasan pesisir pantai sebagai implementasi program Kasad dalam menjaga kelestarian alam dengan slogan “TNI Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI”.

Demikian dikatakan Komandan Kodim 1615/Lombok Timur Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro disela-sela kesibukannya, Rabu (13/3/2024).

Penanaman pohon mangrove yang dipimpin langsung Perwira Seksi Teritorial Kapten Inf Agil bersama Danramil 1615-03/Sambelia Kapten Inf Zulkarnaen juga dihadiri Mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN dan Pramuka Saka Wira Kartika binaan Kodim 1615/Lotim.

Dijelaskan Dandim Lotim, beberapa bulan yang lalu penanaman pohon mangrove ditempat yang sama juga pernah dilakukan, namun pertumbuhannya belum maksimal karena disebabkan oleh beberapa hal salah satunya hanyut terbawa air laut yang pasang surut.

Untuk itu, ia bersama jajarannya kembali berupaya untuk menanam pohon yang sama sehingga pertumbuhannya lebih masksimal dan mampu menjadi solusi untuk mengatasi kerusakan lingkungan.

Kita ketahui bersama, sambung Bayu Sigit, ketika pohon mangrive ini tumbuh besar dan menjadi hutan pohon mangrove maka manfaatnya tidak hanya mengurangi abrasi kawasan pantai, namun masih banyak manfaat yang lain bagi manusia dan mahluk hidup lainnya.

“Diantara manfaatnya yakni menjaga abrasi dan erosi pantai, menyerap karbondioksida (CO20 dan penghasil oksigen (O2), tempat berlindung biota laut dan tempat berkembang biak hewan lainnya, bahkan hutan mangrove bisa dijadikan sebagai kawasan wisata,” ujarnya.

Lebih lanjut alumnus Akmil 2003 itu juga mengajak komponen masyarakat dan komunitas peduli lingkungan untuk bersama-sama melakukan tindakan nyata dalam menjaga dan melestarikan hutan mangrove karena keberadaan hutan mangrove sangat penting bagi kita sendiri dan mahluk hidup yang ada disekitar kita.(N02).

Komentar0

Type above and press Enter to search.