Gpd8TfAlBUYoTfM6TUAlTUAlTA==

Pandawa Ganjar NTB Gelar Pelatihan Pengolahan Pupuk Organik untuk Peternak-Petani di Lombok Tengah

Lombok Tengah, NTB - Pendukung paslon Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang tergabung dalam Pandawa Ganjar Nusa Tenggara Barat (NTB), menggelar pelatihan pengolahan pupuk organik untuk para peternak dan petani.

Hadinata selaku Koordinator Wilayah Pandawa Ganjar NTB mengatakan para peternak dan petani yang mengikuti pelatihan pengolahan pupuk organik adalah perwakilan dari 4 kecamatan yang berada di Kabupaten Lombok Tengah.

“Kita memberikan pelatihan pengolahan pupuk organik kepada para peternak yang ada di Lombok Tengah, yakni Kecamatan Pujut, Praya Tengah, Praya Barat dan Praya Timur,” ujar Hadinata di Desa Ketara, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, Jumat (17/11/2023).

Provinsi NTB pun selama ini dikenal sebagai daerah yang memiliki sumber daya untuk mengolah pupuk yang melimpah dari hewan ternak, seperti sapi dan ayam.

Dia menambahkan, pelatihan pengolahan pupuk organik diadakan untuk memberikan edukasi kepada peternak dan petani ihwal pembuatan pupuk organik yang bagus dan murah.

Menurut Hadinata, pemateri yang merupakan pembuat pupuk organik sekaligus salah satu pemilik perusahaan pupuk organik di NTB sengaja dihadirkan untuk menguatkan materi yang diberikan.

“Kegiatan Pandawa Ganjar Nusa Tenggara Barat hari ini adalah memberikan pelatihan atau edukasi terutama kepada masyarakat petani dan peternak,” ucap Hadinata.

Saat ini, NTB tengah memasuki musim peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. Pandawa Ganjar pun mendorong agar peternak dan petani bisa mengoptimalkan intensitas hujan.

Oleh sebab itu, sukarelawan Pandawa Ganjar menggencarkan pelatihan pengolahan pupuk organik kepada para peternak dan petani.

“Berhubung hari ini sudah masuk musim penghujan, artinya yang bekerja hari ini adalah petani dan peternak,” kata Hadinata.

Adapun pelatihan pengolahan pupuk organik dipraktikkan langsung oleh Pandawa Ganjar dan pemateri menggunakan bahan-bahan yang diperlukan untuk mengolah pupuk organik.

Abdul Gofur, salah satu peserta pelatihan mengungkapkan banyak ilmu baru yang didapatkan setelah mengikuti pelatihan dari Pandawa Ganjar.

Dia pun berterima kasih kepada para pendukung paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD itu atas kegiatan yang sangat bermanfaat untuk masyarakat.

“Saya tadi bertanya cara menanam cabai dan bagaimana pengolahan pupuk organik, dicampur biar normal campurannya lalu dijelaskan sama pemateri,” tutur Abdul.

Komentar0

Type above and press Enter to search.