Gpd8TfAlBUYoTfM6TUAlTUAlTA==

Olahraga Belanjakan Kembali Digelar

Belanjakan merupakan warisan budaya masyarakat Masbagik," Ada dua penamaan terhadap tradisi ini, Belanjakan dan Pelanjakan. Dua sebutan ini memiliki arti yang sama. Belanjakan berasal dari suku kata bahasa Sasak (Lombok), yaitu “Lanjak” yang berarti menendang sambil mendorong. Diberikan imbuhan "Be" untuk menunjukan kegiatan itu sedang dipertunjukan. Dan kata Belanjakan disebutnya populer hingga sekarang. Belanjakan merupakan pertarungan dua orang laki-laki dengan tangan kosong. kaki sebagai senjata dan tangan sebagai prisai.

Secara umum,, tradisi ini berkambang di masyarakat Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur. Pada permainan Belanjakan diperbolehkan satu lawan dua orang atau lebih, namun dalam perkembangannya dilaksanakan dengan system permainan satu lawan satu. 

Masbagik Festival 2023 merupakan kegiatan yg ke 8 yg di selenggarakan oleh organisasi LAMBUR (Lombok Membaur) bekerjasama dengan pecinta Tradisional Masbagik. Dengan mengangkat tema dari masbagik menuju pemilu Damai. Kegiatan ini deselenggarakan dari tanggal 22-28 Oktober untuk belanjakan dan untuk Perisaian akan diselenggarakan dri tanggal 29 oktober - 10 November 2023.(Red).

Komentar0

Type above and press Enter to search.