Gpd8TfAlBUYoTfM6TUAlTUAlTA==

Presiden RI Joko Widodo Buka Kongres PWI ke 25 di Istana Negara Jakarta

 





Presiden RI Joko Widodo Buka Kongres PWI ke 24 di Istana Negara Jakarta. Photo: Istimewa



Jakarta,RNETnews.com -Presiden RI Joko Widodo membuka Kongres Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) XXV tahun 2023 di Istana Negara Jakarta, Senin, 25 September 2023. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Presiden. 

Presiden di hadapan ratusan wartawan mengatakan ucapan terima kasih atas kritikan dan masukan yang selama ini diberikan oleh wartawan.

"Selama ini ada kritikan yang halus, samar-samar, ada juga yang to the point. Ada juga yang offside, tidak jelas tujuannya kemana berita itu,"  ungkapnya.

Tapi, kata Presiden tidak apa-apa kritikan itu. Anggap saja sebagai jamu yang dapat menyehatkan. Apalagi tahun ini tahun politik.

Presiden mengatakan, untuk saat ini mestinya berita  baik bukan yang selalu viral dan sensasional. Tapi bagaimana agar berita itu sesuai dengan fakta dan kenyataan di lapangan. 

"Tetap taati, patuhi dan pegang teguh kode etik jurnalistik. Jangan mudah terpancing dengan karena ngejar viral dan pada akhirnya hoaks," ungkapnya.

Pada sisi lain, Jokowi menawarkan untuk Hari Pers Nasional (HPN) 2024 mendatang, di Solo atau di IKN (Ibu Kota Negara). 

"Tinggal pilih saja. Insya Allah, fasilitas di IKN sudah siap. Khususnya hotel sudah jadi,"  katanya disambut dengan tepuk tangan.

Sebelumnya Ketua PWI , Atas S Depari di hadapan Presiden minta agar HPN tahun 2024 di Solo. Bahkan Atal minta langsung kepada Ketua PWI Solo agar siap-siap menjadi tuan rumah.

"Ini permintaan kami Pak Presiden," katanya.

Permintaan Atal tersebut bukan tanpa alasan, sebab pada Kongres  XXIV  saat dia terpilih menjadi ketua PWI Pusat kongres dilaksanakan di Solo.

"Kami akan mengulangi kesuksesan Kongres di Solo, termasuk nanti pelaksanaan HPN," katanya disambut tepuk tangan.

Hadir dalam pembukaan Kongres PWI XXV, Mensesneg, Pratikno Menkominfo, Budi Arie Setiadi, Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu, Ketua dan Sekretaris PWI se-Indonesia dan beberapa undangan lainnya Oesman Sapta Odang.

Usai pembukaan, Presiden RI bersama peserta kongres memberikan kesempatan untuk foto bersama di halaman Istana Merdeka.




Empat Calon Ketua Umum PWI

Sementara itu, bukan hanya pembukaan yang menjadi sorotan utama. Pencalonan Ketua Umum PWI periode 2023-2024 juga menjadi perbincangan hangat. Ada empat orang kandidat yang telah muncul sebagai calon kuat. Yakni, Atal Sembiring Depari, Ketua Umum PWI Pusat periode saat ini (2018-2023).

Kemudian Hendry Ch. Bangun, mantan Sekretaris Jenderal PWI Pusat dan mantan Anggota Dewan Pers.

Ahmad Munir, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Bidang Daerah PWI Pusat 2018-2023 dan Direktur Utama LKBN Antara. Keempat, Zulmansyah, Ketua PWI Provinsi Riau.

Mereka akan bersaing ketat untuk memperebutkan posisi prestisius Ketua Umum PWI 2023-2028.

Sementara itu, Atal S. Depari, yang merupakan petahana, telah menyatakan kesiapannya untuk berkompetisi dalam perebutan kursi Ketua Umum PWI Pusat 2023-2028. "Bergelut di dunia kewartawanan sejak 1970-an, saya merasa terpanggil untuk kembali mencalonkan diri sebagai Ketua Umum PWI periode 2023-2028, terutama dengan dorongan teman-teman di daerah yang ingin saya kembali memimpin PWI, 

" katanya saat menghadiri Gala Diner yang digelar Pemprov Jabar, Minggu malam. Atal yang calon incumbent juga menyebut nama masing masing calon ketum PWI yang akan menjadi penantangnya. "Semua calon adalah teman dan yunior saya,"  katanya. (kim/has/red.)


http://dlvr.it/SwcCVn

Komentar0

Type above and press Enter to search.