Gpd8TfAlBUYoTfM6TUAlTUAlTA==

Indonesian GP 2023: Akses Penonton, Transportasi, dan Pengamanan Terjamin di Mandalika

Dokumentasi penonton motoGP 2022 di Mandalika. Photo: Istimewa



Jakarta, – Hitung mundur telah dimulai. Hanya tinggal sebulan lagi, Indonesian GP 2023 – Pertamina Grand Prix of Indonesia akan digelar di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ajang balap motor kelas dunia ini akan berlangsung pada 13-15 Oktober 2023.


Untuk menyukseskan event ini, berbagai dukungan terus mengalir dari berbagai pihak, termasuk BUMN. Salah satunya adalah dukungan terkait akses penonton dari luar Lombok. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. siap memudahkan penonton yang ingin menyaksikan balapan spektakuler ini dengan menyediakan tambahan jadwal pelayaran dan penerbangan dari Bali dan Jakarta ke Lombok.

ASDP akan meningkatkan fasilitas dan infrastruktur di Pelabuhan Lembar, serta menyediakan 24 kapal dengan jadwal keberangkatan yang lebih sering dari Pelabuhan Padangbai. Penonton juga dapat melakukan reservasi online melalui domain trip.ferizy.com. Garuda Indonesia akan menyediakan total 21 jadwal penerbangan dan 6 penerbangan dengan kapasitas pesawat lebih besar dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) ke Bandara Internasional Lombok (LOP) dan sebaliknya.

Wakil Direktur Utama MGPA Samsul Purba mengapresiasi dukungan dari ASDP dan Garuda Indonesia. Ia mengatakan bahwa dukungan ini menunjukkan komitmen bersama untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan penonton yang ingin datang ke Mandalika.

"Kami ingin memastikan penonton yang bertolak melalui jalur laut dari Bali tak khawatir dengan jadwal keberangkatan kapal, begitu pula bagi mereka yang akan terbang langsung dari Jakarta. Dukungan ini kami harapkan turut menopang kesuksesan Indonesian GP 2023, sehingga dapat berdampak positif terhadap nama Indonesia di mata dunia,” kata Samsul. Kamis, (28/09/23). 

Selain dukungan akses penonton, MGPA dan Dyandra sebagai promotor dan co-promotor event, juga terus menyiapkan pengaturan layanan transportasi, lalu lintas, dan pengamanan selama gelaran Indonesian GP 2023. Pengaturan ini dibagi menjadi tiga, yaitu di luar kawasan Mandalika, di dalam kawasan Mandalika, dan di dalam area Sirkuit Mandalika.

Untuk layanan transportasi penonton, akan ada dua layanan bus, yaitu dari titik-titik penjemputan penonton ke titik-titik Kawasan Mandalika, dan dari tempat-tempat parkir penonton menuju pintu-pintu masuk Sirkuit Mandalika. Layanan ini akan dikelola oleh MGPA bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Barat (Dishub NTB), dan berbagai pelaku/asosiasi transportasi.

“Melalui kerjasama dengan Dishub NTB dan asosiasi transportasi terkait, kami ingin memastikan penonton mendapatkan layanan transportasi yang terbaik, yang akan mengantar penonton dan pengunjung masuk dan keluar Kawasan Mandalika dan kawasan Sirkuit dengan aman dan lancar,” tambah Priandhi Satria, Direktur Utama MGPA.

Untuk pengelolaan lalu lintas, akan dilakukan oleh Polda NTB untuk di luar kawasan Mandalika, dan oleh MGPA bekerjasama dengan ITDC sebagai pengelola Kawasan The Mandalika dan Polda NTB untuk di dalam kawasan Mandalika. Pengelolaan ini bertujuan untuk kelancaran keluar-masuk kendaraan ke dalam Kawasan The Mandalika dan Sirkuit, serta meminimalisir kemacetan.

Untuk pengamanan, akan dilakukan oleh Polda NTB, TNI, dan berbagai aparat keamanan lainnya untuk di luar kawasan Mandalika, oleh ITDC dan MGPA bekerjasama dengan Polda NTB, Desa Penyangga, serta Organisasi Masyarakat dan stakeholders terkait lainnya untuk di dalam kawasan Mandalika, dan oleh tim keamanan ITDC dan MGPA, Dorna, dan Dyandra untuk di dalam area Sirkuit Mandalika.

Presiden Direktur Dyandra&Co. Daswar Marpaung meyakini persiapan pada Indonesian GP 2023 terus dilakukan lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya, sebagai komitmen penyelenggara untuk menyukseskan gelaran ini.

“Semua persiapan ini untuk memastikan ajang bergengsi Indonesian GP 2023 berjalan sukses dan aman. Penonton diharapkan mendapat pengalaman yang baik mulai saat mereka menuju Mandalika, masuk kawasan Sirkuit, hingga saat race berlangsung, dan tentu saat kembali dari Sirkuit,” tutup Daswar.

Informasi lebih lanjut mengenai Indonesian GP 2023 – Pertamina Grand Prix of Indonesia kunjungi situs www.themandalikagp.com serta akun Instagram @themandalikagp. (rls/red.)


http://dlvr.it/SwjK9m

Komentar0

Type above and press Enter to search.