Gpd8TfAlBUYoTfM6TUAlTUAlTA==

Rayakan Kemerdekaan, Tastura Mengajar Gelar Aksi Merah Putih di Pelosok Loteng

LOMBOK TENGAH - Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Tastura Mengajar menggelar pengadian di daerah pelosok Kabupaten Lombok Tengah.

Kegiatan yang bertemakan Aksi Merah Putih Tastura Mengajar itu, digelar di Dusun Bangket Molo, Desa Mekar Sari, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah.

Ketua Tastura Mengajar, Lalu Gitan menyampaikan bahwa Aksi Merah Putih ini dilaksanakan dari tanggal 14-21 Agustus 2022 mendatamg.

"Dimana pengabdian ini sekaligus untuk merayakan HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke 77," terang Lalu Gitan, Senin (15/8/2022).

Sementara itu, Lindayani selaku koordinator Aksi Tastura Mengajar menyampaikan bahwa ini merupakan kegiatan pengabdian kelima dari Tastura Mengajar sejak tahun 2018 lalu.

"Adapun program yang kami bawa yakni menyasar ke dunia pendidikan, baik secara formal ataupun nonformal dalam hal ini konsen kami terkait literasi," ujar Lindayani.

Kemudian pemberdayaan masyarakat, berupa budidaya rumput gajah, mengingat mayoritas masyarakat Bangket Molo merupakan mayoritas peternak.

"Selanjutnya pengembangan wisata dan upacara kemerdekaan," lanjutnya.

Adapun jumlah relawan yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 14 orang, dengan berbagai latar keilmuan dan seluruhnya merupakan pemuda dan pemudi asal Lombok Tengah.

"Dimana ini merupakan bentuk kontribusi nyata kami sebagai pemuda dan pemudi asli Lombok Tengah yang cinta pada daerahnya dengan menyumbangkan ide, pikiran serta gagasanya kepada masyarakat," tegas Lindayani.

Selain itu, ia juga menuturkan kalau dunia pendidikan kita masih dapat dikatakan cukup memprihatinkan, terutama di daerah pelosok.

"Sehingga perlu ada tindakan nyata dari kita selaku pemuda dan pemudi daerah untuk terus mengintervensi dan berbuat untuk daerah melalui kegiatan-kegiatan pengabdian semacam ini," pungkas Lindayani.

Dok. Tastura Mengajar
Kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh Tastura Mengajar di SD SMP 6 SATAP Praya Barat.

Komentar0

Type above and press Enter to search.