Gpd8TfAlBUYoTfM6TUAlTUAlTA==

Kursus Wasit C3 Masuki Hari Keempat, Instruktur Beri Catatan Positif

LOMBOK TIMUR- Kursus wasit C3 yang dilaksanakan oleh Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Lombok Timur gelombang pertama yang diikuti oleh 58 peserta itu memasuki hari ke empat. 

Salah satu instruktur yang memandu jalannya kursus wasit C3 ini, Ole Hadi menjelaskan, selama empat hari berjalannya kursus, dia dan dua instruktur lainnya telah memberikan materi lengkap tentang penguasaan pemahaman peraturan pertandingan (law of the game), teknik dasar wasit, serta tes kebugaran (fisik, red) yang telah diberikan secara lengkap.

"Kami berikan pemahaman tentang law of the game, pemahaman tentang teknik dan tentu tes fisik yang menjadi faktor penting bagi seorang wasit," katanya saat ditemui di sela berjalannya kursus di GOR H. Lalu Muslihin, Selasa (15/03/2022).

Masih kata dia, pada sisa jadwal kursus yang akan berlangsung dua hari lagi, instruktur akan melakukan praktek memimpin dan tes tulis terkait pemahaman peserta terhadap aturan dalam pertandingan. 

"Besok akan dilanjutkan dengan praktek lapangan dan tes tulis tentang law of the game, itu harus berimbang, karena keputusan wasit harus sesuai dengan aturan, jadi itu sangat penting," tekannya.

Ole Hadi juga mengatakan, selama berjalannya kursus, instruktur terus memperhatikan perkembangan dari setiap peserta. Ia pun menyatakan progres para peserta alami peningkatan dan itu dinilai sangat bagus, untuk dijadikan bekal ke jenjang C2. "Progres peserta selama empat hari cukup signifikan," terangnya. 

Dirinya juga menuturkan, peserta kursus yang masih berusia 30 tahun akan memiliki prospek yang baik ke depannya, bahkan ia menyebut, jika nantinya peserta usia muda itu menekuni dan terus meningkatkan kualitasnya ke jenjang berikut, bukan tidak mungkin akan menapaki level tertinggi di dunia perwasitan, yakni mengantongi lisensi FIFA.

"Saya pribadi cukup bahagia, karena saya melihat ada potensi di sini. Ada peserta yang usianya 19 tahun, dan sebagian lagi 20 tahunan, kalau mereka tekun, ikuti semua jenjang, bukan tidak mungkin dia akan ke level tertinggi, karena karir wasit itu diatur batasan usia," paparnya.

Terkait dengan infrastruktur yang disiapkan oleh Askab PSSI Lotim, Ole Hadi menyatakan sangat memadai dan sangat mendukung instruktur dalam memberikan pembelajaran bagi peserta kursus. "Infrastruktur di sini sangat mendukung kami dalam memberikan pembelajaran bagi peserta kursus, kami ucapakan terimakasih," tandasnya.(01).

Komentar0

Type above and press Enter to search.