Gpd8TfAlBUYoTfM6TUAlTUAlTA==

BAHAYA NARKOBA BAGI GENERASI MUDA

Salah satu sisi negatif dari perkembangan informasi tadi adalah semakin mudah danmeluasnya peredaran narkoba hingga ke pelosok-pelosok daerah bahkan sudah sampai padalingkungan pendidikan yang merupakan media belajar untuk menciptakan pemuda-pemudakreatif,   cerdas   dan   ber-akhlak.   

Narkoba   dan   Narkotika   kini   menjadi   permasalahan   yangkompleks   karena   tidak   saja   hanya   mengancam   pelakunya   namun   juga   berdampak   padalingkungan   sosial   dengan   meningkatnya   kriminalitas   yang   diakibatkan   pengaruh   dari   narkoba.

1. Jenis narkoba yang disalahgunakan

A. Opiat / Opium
Opiat atau opium adalah bubuk yang dihasilkan kangsung oleh tanaman yang bernama poppy/ papaver somniferum di mana di dalam bubuk haram tersebut terkandung morfin yang sangatbaik untuk menghilangkan rasa sakit dan kodein yang berfungsi sebagai obat antitusif.

B. Morfin
Mofrin adalah alkoloida yang merupakan hasil ekstraksi serta isolasi opium dengan zat kimiatertentu untuk penghilang rasa sakit atau hipnoanalgetik bagi pasien penyakit tertentu.Dampak atau efek dari penggunaan morfin yang sifatnya negatif membuat penggunaanmorfin diganti dengan obat-obatan lain yang memiliki kegunaan yang sama namun ramahbagi pemakainya

C. Heroin
Heroin adalah keturunan dari morfin atau opioda semisintatik dengan proses kimiawi yangdapat menimbulkan ketergantungan / kecanduan yang berlipat ganda dibandingkan denganmorfin. Heroin dipakai oleh para pecandunya yang bodoh dengan cara menyuntik heroin keotot, kulit / sub kutan atau pembuluh vena

D. Kodein
Kodein adalah sejenis obat batuk yang digunakan oleh dokter, namun dapat menyebabkanketergantungan / efek adiksi sehingga peredarannya dibatasi dan diawasi secara ketat

E. Opiat Sintetik
Jenis obat yang berasal dari opiat buatan tersebut seperti metadon, petidin dandektropropoksiven (distalgesic) yang memiliki fungsi sebagai obat penghilang rasa sakit.Metadon berguna untuk menyembuhkan ketagihan pada opium / opiat yang berbentuk serbukputih. Opiat sintesis dapat memberi efek seperti heroin, namun kurang menimbulkanketagihan / kecanduan. Namun karena pembuatannya sulit, opiat buatan ini jarang beredarkalangan non medis.

F. Kokain
Kokain adalah bubuk kristal putih yang didapat dari ekstraksi serta isolasi daun coca(erythoroxylon coca) yang dapat menjadi perangsang pada sambungan syaraf dengan cara /teknik diminum dengan mencampurnya dengan minuman, dihisap seperti rokok, disuntik kepembuluh darah, dihirup dari hidung dengan pipa kecil, dan beragam metode lainnya

G. Ganja / Mariyuana
Mariyuana adalah tanaman semak / perdu yang tumbuh secara liar di hutan yang mana daun,bunga, dan biji kanabis berfungsi untuk relaksan dan mengatasi keracunan ringan (intoksikasiringan).

2. Faktor penyebab penyalahgunaan narkoba
Banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang mulai menyalahgunakan narkoba,sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan ketergantungan. Beberapa faktor penyebabpenyalahgunaan narkoba diantaranya yaitu:

1. Faktor kepribadian
Orang yang mengalami konflik akan mengalami frustasi. Bagi individu yang tidak biasadalam menghadapi penyelesaian masalah cenderung menggunakan narkoba, karena berpikirkeliru bahwa cemas yang ditimbulkan oleh konflik individu tersebut dapat dikurangi denganmengkonsumsi narkoba.

2. Faktor keluarga
Tidak semua penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oleh remaja dimuali dari keluargayang broken home, semua anak mempunyai potensi yang sama untuk terlibat dalampenyalahgunaan narkoba. Penerapan disiplin dan tanggung jawab kepada anak akanmengurangi resiko anak terjebak ke dalam penyalahgunaan narkoba. Anak yang mempunyaitanggung jawab terhadap dirinya, orang tua dan masyarakat akan mempertimbangkanbeberapa hal sebelum mencoba-coba menggunakan narkoba.

3. Faktor lingkungan
Lingkungan yang individualistik dalam kehidupan kota besar cenderung kurang pedulidengan orang lain, sehingga setiap orang hanya memikirkan permasalahan dirinya tanpapeduli dengan orang sekitarnya. Akibatnya banayak individu dalam masayarakat kurangpeduli dengan penyalahgunaan narkoba yang semakin meluas di kalangan remaja dan anak-anak

4. Faktor Pendidikan
Pendidikan akan bahaya penyalahgunaan narkoba di sekolah-sekolah juga merupakan salahsatu bentuk kampanye anti penyalahgunaan narkoba. Kurangnya pengetahuan yang dimilikioleh siswa-siswi akan bahaya narkoba juga dapat memberikan andil terhadap meluasnyapenyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar.

5. Faktor masyarakat dan komunitas sosial
Faktor yang termasuk dan mempengaruhi kondisi sosial seorang remaja atnara lain hilangnyanilai-nilai dalam sebuah keluarga dan sebuah hubungan, hilangnya perhatian dengankomunitas, dan susahnya berdaptasi dengan baik (bisa dikatakan merasa seperti alien,diasingkan)

6. Faktor populasi dan komunitas sosial
Remaja masa kini hidup dalam sebuah lingkaran besar, dimana sebagian remaja berada dalamlingkungan yang beresiko tinggi terhadap penyalahgunaan narkoba. Banyak remaja mulaimencoba-coba narkoba, seperti amphetamine-type stimulants ( termasuk didalamnya alkohol,tembakau dan obat-obatan yang diminum tanpa resep atau petunjuk dari dokter, serta obatpsikoaktif ) sehingga menimbulkan berbagai macam masalah pada akhirnya.

DISUSUN OLEH :
BRIGADIR TARUNA NIKO ARIF ZULKARNAEN

BRIGADIR TARUNA M NURFAUZAN MUTTAQIEN


Komentar0

Type above and press Enter to search.